Kamis, 15 Desember 2016

Matrikulasi #8 Materi dan NHW


Nice HomeWork #8

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH


Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulsi IIP/


Berdasarkan tugas NHW 7 dalam aktivitas suka dan bisa saya ingin memadukan beberapa hal yakni bermain bersama anak2 dan beberes rumah dalam artian beberes rumah digunakan lebih untuk kenyamanan keluarga khususnya nyaman buat anak2 beraktifitas di rumah.

KIta ingin menjadi apa:
Saya ingin menjadi seorang ibu sekaligus guru buat anak2 saya. saya ingin rumah dimana kami tinggal menjadi rumah ramah anak dengan berbagai sarana belajar sehingga anak2 akan betah bermain dan belajar di rumah tentunya dengan bimbingan saya sebagai ibu dan guru bagi mereka. Karena rumah adalah madrasah pertama buat anak jadi rumah pun harus nyaman dan aman untuk anak2 beraktifitas.

Kita ingin melakukan apa:
- Saya ingin merapikan lagi sarana bermain dan belajar dengan anak berdasarkan teori2 parenting yang telah dipelajari sebelumnya.
- Saya ingin membuat rumah yang nyaman bagi anak2 dirumah, walaupun sekarang ruang tamu, ruang bermain dan ruang makan masih dalam 1 ruangan tp itu tidak mengurangi kenyamanan untuk anggota keluarga dalam melakukan aktivitas masing2.
- Saya ingin menyiapkan media belajar anak dimasa golden age sekarang.
- Saya ingin mengoptimalkan tumbuh kembang mereka sesuai fitrahnya dengan basic agama.

Kita ingin memiliki apa:
- Saya ingin memiliki rumah yang nyaman buat anak2
- Saya ingin memiliki sarana ataupun media pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak
- Saya ingin memiliki perpustakaan mini dirumah sehingga rasa suka membaca anak saya akan terus terjaga dan mereka salalu haus akan ilmu.


1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
Saya ingin menjadi motivator buat para ibu. Menyadarkan bahwa dunia anak adalah dunia yang sangat beragam dengan segala pernak perniknya. Kita bukan cuma ibu untuk mereka tapi kitalah guru pertama untuk mereka belajar banyak hal. Kita sebagai Ibu yang mandiri juga tentunya, insyaAllah menuju Ibu profesional.. Amiiinn

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
- Menjadi contoh yang baik untuk orang tua disekitar rumah dan keluarga besar tentunya
- BIsa melakukan banyak hal untuk lingkungan dan bermanfaat.
- Bisa mandiri secara finansial tanpa mengabaikan hak2 keluarga dan lingkungan

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
- Semakin belajar dalam managemen emosi
- Menjadikan rumah kami sebagai rumah belajar dan bermain yang nyaman untuk anak2 dan keluarga/kerabat yang datang
- Komitmen dengan manajemen waktu yang telah dibuat

Bismillahirrahmanirrahim..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar