Kamis, 07 Mei 2020

Jurnal 1 Tahap Kupu-Kupu

Yeayyyy akhirnya sampai juga di tahapan kupu-kupu.. alhamdulillah.. Nah di tahapan kali ini kami belajar untuk belajar bareng dengan menjadi mentor dan mentee.. hah tiba-tiba ingatan ku kembali ke masa putih dongker alias SMP dimana kala itu aku pertama mengenal kata mentor dan mentee.

Ditahap ini setiap kupu-kupu kecil berhak memilih satu orang mentor di bidang yang ingin di kuasai. Sesuai dengan mindmap dan juga aku butuh banyak tau akhirnya aku memilih mendalami tentang Homeschooling berbasis Fitrah. Mentorku adalah mba Deasy Umi Tsabita Tsena yang berasal dari IP Sumatra Utara. Dari hasil perkenalan dengan beliau mba deasy memiliki 2 putri yang sulung usia 8 tahun 5 bulan dan telah memutuskan homeschooling sejak 2014 lalu. Karena mba deasy punya 3 mentee akhirnya kami dibuatkan group khusus di FB messanger. Ada mba Dede Fitroh dari IP tangerang kota dan mba ratna Alvi Santi dari IP Sidoarjo. 

Nah di tahap ini pula aku juga harus belajar menjadi mentor dari ilmu yang aku punya. Awalnya rada ga PeDe sih tapi insyaallah aku mau berbagi pengalaman yang pernah aku lakukan selama 7 tahun ini. Menjadi Ibu di ranah domestik yang punya anak banyak berjarak kelahiran dekat dan menjalani home education di rumah tanpa asisten. Ternyata surprise nya ada 3 orang mendaftar untuk belajar bareng. Dan di tahap ini aku ingin membimbing 2 orang saja jadi yang ketiga aku tolak. khawatir nanti tidak maksimal membersamai. 
Mentee ku yang pertama adalah mba Ziyana Nur Hida. beliau berasal dari IP Bandung. Punya anak usia 26 bulan dan sedang hamil 13 minggu. Beliau mengurus rumah tanpa asisten dan tahap ini ingin belajar tentang Toilet Training anak dan belajar home education. Dan beliau juga punya rencana setelah home education akan lanjut ke Home schooling berbasis fitrah seperti yang saya jalani saat ini. Mba ziyana ini juga sedang LDM dengan suaminya, MasyaAllah terbayang kan gimana proses belajar kami kali ini.. 1 minggu di tahap perkenal cukup segitu dulu karena kami akan terus bersama selama 7 minggu kedepan insyallah.

Menteeku yang kedua adalah mba Dian Ramadhani yang juga berasal dari IP Bandung. Tertarik belajar bareng karena ingin belajar tentang pengasuhan dan berencana punya anak banyak. Sekarang masih punya 2 balita perempuan. Ternyata kesamaan kami sama yakni sama-sama tidak pakai asisten karena merasa tidak nyaman denga orang lain di rumah.. 

dan baru kusadari ternyata menteeku sama-sama berasal dari IP Bandung. Semoga kami bisa belajar bareng yang asyik.. Nah berikut adalah jadwal kami selama bulan Mei ini..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar