Senin, 03 Januari 2011

Menyatakan, menanyakan dan menjawab kewarganegaraan (asal) dalam bahasa Jepang



Menyatakan, menanyakan dan menjawab kewarga negaraan (asal) dalam bahasa Jepang polanya sama dengan menyatakan diri, hanya saja untuk complement kita isi dengan nama negara + jin

Contoh :

a. Saya orang indonesia = Watashi wa Indonesia jin desu

b. Yamada orang jepang = Yamada san wa nihonjin desu

c. Desi bukan orang Korea = Desi san wa Kankoku jin ja arimasen

d. Sani bukan orang Australia = Sani san wa Oosutoraria ja arimasen

e. Apakah anda orang Iran? = Anata wa Iran jin desu ka

Dari contoh itu dapat kita simpulkan rumus untuk menyatakan negara dalam bahasa Jepang adalah :

Ne dia Pola kalimatnya…

a. [+] S + wa + Nama Negara

~jin + desu

b. [-] S + wa + Nama Negara

~jin + ja arimasen

c. [?]S + wa + Nama Negara

~jin + desu


ka Kaiwa ; かいわ ; 会話 ; percakapan

A : “Ohayoo gozaimasu. Watashi wa Yamada desu. Nihonjin desu”

(Selamat pagi. Saya Yamada.Saya Orang Jepang)

B : “Ohayou. Watashi wa Rani desu, indoneisia jin desu. Medan kara kimashita”

( selamat pagi. Saya Rani. Saya Orang Indonesia, Saya berasal dari Medan)

A : “watashi wa Sakura no kokosei desu. Douzo yoroshiku”

(saya siswa SMA Sakura. Senang berkenalan dengan anda)

B : “kochira koso yoroshiku”

(senang berkenalan dengan Anda)


Yuuuk mari kita coba untuk kalimat2 dibawah ini, lets try fren…..

1. Saya Desi. Saya orang Indonesia

2. Dia [lk] adalah seorang guru. Dia orang Iran

3. Rani bukan orang peru

4. Apakah Santos orang meksiko?

5. Garcia bukan orang inggris

6. Apakah pegawai IMC itu orang Korea?

7. Saya bukan orang Jepang, saya orang China

8. Saya Ira. Saya orang Indonesia. Saya berasal dari Panyabungan.

9. Tuan Yamada adalah seorang guru. Tuan Yamada orang Jerpang.

10. Jose bukan oranng Brazil. Dia juga bukan orang Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar