Sabtu, 03 Februari 2018

Saat Athaya Ingin Belajar Membaca

Setelah memilih keluar dari sekolah. Waktu belajar dan bermain menjadi lebih fleksibel. Yaaa namanya anak2 ga akan ada yang bisa menolak saat ditawarin bermain. Yaaa itu jugalah salah satu alasan kami menarik mereka dari sekolah. Athaya dan Azizan protes karena sekolah waktu bermainnya menjadi berkurang. Padahal dulu mereka taunya sekolah itu ya bermain.

Beberapa hari yang lalu mas Athaya bercerita.
Athaya: mi, kek mana baca buku ini? (Sambil membawa bukunya ke dekatku)
Ummi: tinggal baca aja nak..
Athaya: iya bacanya kek mana, hurufnya banyak sekali
Ummi: mas mau belajar baca?
Athaya: iya mi mau mau.. (berbinar penuh makna..)

Bagiku tidak ada kata paksaan untuk belajar di usia dini mereka. Tugas mereka hanyalah bermain bermain dan bermain. Jika nanti disela bermain mereka menangkap banyak hikmah itu adalah bonus nya.. dan Alhamdulillah belum genap 3 tahun mereka sudah kenal huruf. Bukan diajarkan, tapi mereka kenal huruf dan angka karena sering bertanya.
Mi ini apa?
Mi ini huruf apa?
Angka apa ini mi?
Berulang ulang setiap hari setiap saat.. kadang aku yang merasa lelah menjawab nya, hahaha bukan contoh yang baik nii.. bagaimana tidak balita kembar ini kadang membuat emaknya menjawab pertanyaan yang sama yang baru saja sudah dijawab.. nahhh kan jadi membela diri.. hehe

Kembali lagi dengan keinginan mas Athaya yang ingin belajar, akhirnya aku mencoba mencari di google play aplikasi belajar baca.

Yappzzz ketemu aplikasi yang lumayan mendukung untuk belajar Athaya. Belajar membaca by soliteKids.
Pertama Athaya menggunakan selama 10 menit, bergantian dengan Azizan dengan rentang waktu yang sama. Kadang ada sedikit masalah jika memberi mereka izin megang gadget. Karena dia kembar jelas sibling rivalry ga bisa dielakkan. Ditambah lagi saat saudaranya bermain yang satu lagi akan nimbrung dan ikutan alhasil giliran dia bermain tidak akan efektif jadinya. Next nanti akan aku evalusi lagi efektifkah memberikan game ini sebagai sarana belajar untuk duo sholeh ini...

Lihat "Belajar Membaca Lancar"
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.solitekids.secilmembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar