Sabtu, 26 November 2016

Belajar Menjadi Manager Keluarga Handal



_NICE HOMEWORK #6_

*BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.

Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu

*_RUTINITAS_*

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.


_SELAMAT MENGERJAKAN_

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/



Entah kenapa setelah mendapat materi matrikulasi sesi 6, saya seperti mendapat kekuatan dan sebuah semangat untuk kembali memanage diri dan keluarga ini. Karena saya merasa dari waktu yang 24 jam Allah berikan masih banyak yang terbuang secara cuma2 tanpa bisa menguprade diri dan keluarga. Untuk bisa memanage keluarga saya akan mulai memilah2 aktifitas saya berdasarkan penting atau tidaknya hal itu dilakukan.

3 Aktivitas Penting menurut saya:
☺ Mengoptimalkan jadwal ibadah harian dan upgrade diri
☺ Memenuhi kebutuhan suami dan mendidik anak
☺ Beberes rumah dan kebutuhan harian keluarga

3 Aktivitas paling tidak penting menurut saya:
Nah ini paling sulit buat saya menuliskan, karena alhamdulillah sampai saat ini aktivitas yang tidak penting jarang saya lakukan karena saya mampu melakukan 2 atau bahkan 3 pekerjaan sekaligus dengan waktu yang optimal. Rutinitas keluar rumah pun dilakukan jika ada keperluan saja seperti menjemur pakaian dan membuang sampah atau sesekali merapikan taman. Karena tinggal di perum perusahaan yang notabene jarang bertemu dengan tetangga kecuali saat menjemur pakaian terkadang diskusi dan bertanya kabar dilakukan sembari tetap mengerjakan pekerjaan masing2. Emang ada sih ibu2 yang sering ngumpul2 dibelakang rumah but bagi saya itu ga penting dan cuma ngabisin waktu aja so jadilah saya palingan say hello dan basa basi ala kadarnya aja.
Satu2nya aktivitas yang tidak penting namun sering lalai saya memanagenya adalah online yang berlebihan. Niat awalnya hanya sekedar nyari info, baca berita dan update dagangan di medsos namun lama2 malah kebablasan dan banyak keponya yang ujung2nya ngabisin waktu berjam2 serta membaca ratusan pesan di whatapp..
Ya yang paling harus saya manage adalah rutinitas pegang gadget or hp diluar kebutuhan.

JIka ditanya waktu saya habis selama ini dimana? jawabannya masih diseputaran 3 aktifitas penting. karena dari aktivitas itu semua insyallah semua dikerjakan dengan tuntas. Adapun untuk aktivitas yang tidak penting bagi saya masih dalam rangka me-time aja. Yaaa selingan di sela 3 aktivitas yang saya lakukan.


3 waktu diatas, akan lebih ditingkatkan kualitasnya saja bagi saya. Memaksimalkan peran sebagai istri, ibu dan juga tetap mengoptimalkan upgrade diri di waktu2 jeda atau saat2 me time yakni anak2 lagi bermain bebas namun masih dalam jangkauan penglihatan.




Rencana jadwal harian
04.15 - 05.30 Sholat, Tilawah, Al matsurat
05.30 - 06.30 Masak
06.30 - 06.50 Sarapan bersama suami
06.50 - 07.00 Istirahat
07.00 - 08.00 Beberes rumah, nyuci
08.00 - 11.00 Waktunya untuk anak2
11.00 - 11.40 Menyiapkan makan siang
11.40 - 12.20 Makan siang
12.20 - 12.40 Persiapan sholat zuhur bersama
12.40 - 13.30 Persiapan istirahat siang anak2
13.30 - 15.00 Me time (bisa istirahat/setrika pakaian/Craft/Baca buku/ Online)
15.00 - 16.00 Beberes rumah dan sholat ashar
16.00 - 16.30 Waktunya anak2
16.30 - 18.00 Family time
18.00 - 19.00 Sholat maghrib
19.00 - 19.30 Makan malam
19.30 - 20.00 Sholat isya
20.00 - 22.00 Family time
22.00 - 04.00 Istirahat malam

Sebenarnya karena saya masih full dirumah, waktunya pun masih flexible. Walau ada agenda diluar rumah, tetap pekerjaan domestik terlaksana dg baik dengan waktu yang flexible. Untuk agenda beberes rumah juga sudah lebih mudah karena kembar sudah 3 tahun dan mulai mandiri sehingga sangat membantu saya yang sekarang lagi hamil 7 bulan. Beberapa waktu untuk pekerjaan domestik biasanya berubah jikalau suami lagi kebagian jadwal shift atau on call kantor. Jadi anak2 dan suami tetap bisa terurus dengan baik semua kebutuhannya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar