*BELAJAR BAGAIMANA
CARANYA BELAJAR* (Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.
Kami tidak akan
memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam
membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
___________________________________________________________________
Desain pembelajaran ala saya sebenarnya cukup simple. Dari setiap desain pembelajaran akan ada elemen penting dibawah ini.
Input → berupa proses transfer ilmu menggunakan berbagai media
Output → berupa hasil pencapaian dari proses transfer ilmu
Target → setiap pembelajaran ada hasil yang ingin dicapai
Evaluasi → menilai sudah sejauh mana proses belajar sudah dilakukan dengan hasil yang diharapkan
Output → berupa hasil pencapaian dari proses transfer ilmu
Target → setiap pembelajaran ada hasil yang ingin dicapai
Evaluasi → menilai sudah sejauh mana proses belajar sudah dilakukan dengan hasil yang diharapkan
Nah, kali ini saya akan mencoba membuat desain pembelajaran untuk 2 batita saya yang saat ini berumur 3 tahun. Metode yang digunakan pun masih seputaran dunia anak, dimana dunia anak sangat dekat dengan cerita, bermain dan bernyanyi. Apalagi saya punya anak kembar yang jelas proses belajar mereka akan semakin menarik karena selalu ada teman ibaratnya sebuah sekolah.
Dalam desain pembelajaran ini saya menggunakan 6 pendidikan penting bagi tumbuh kembangnya. Ke-6 pendidikan ini yang menjadi aspek perkembangannya nya nanti disertai indikator pencapaian. Indikator pencapaian beberapa diambil dari studi literatur dan web parenting.
1. Pendidikan Keagamaan
Pendidikan agama adalah pilar pertama dalam pembentukan karakter anak bagi
saya. Walaupun masih berumur 3 tahun, tapi batita sangat suka mendengarkan
cerita ataupun. Metode yang digunakan berupa cerita, membaca buku dan contoh
langsung. Target yang dicapai adalah sebuah pembiasaan dalam harian anak dimana
selalu ingat akan eksistensi sebagai manusia ciptaan Allah.
2. Pendidikan Intelektual dan Seni
Pendidikan ini lebih saya tekankan untuk bermain dan mengenal lingkungan, memegang dan mengamati dan menuangkannya dalam coretan. Intelektual diasah melalui buku2 sains anak dan membacakan berbagai buku yang mereka suka. Secara tidak langsung membuat mereka menyukai buku. Suka dengan hal2 baru dan mau mencoba dan bereksperimen.
3. Pendidikan Motorik
Pendidikan ini mencakup motorik halus dan motorik kasar anak. Dimana motorik ini melatih mereka untuk mampu memnyeimbangan keseimbangan tubuh dan gerakan2 otot dan tubuh. Sarana belajarnya pun hanya dengan bermain dan belajar. sehingga anak tidak akan mudah jenuh dengan aktifitas di ruangan saja.
4. Pendidikan sosial, emosional dan kemandirian
Pendidikan ini sangat penting untuk pengembangan anak sebagai dirinya sendiri, sebagai teman bermain dan juga belajar mengekspresikan dirinya. Sarana bermain dan belajar.
5. Pendidikan Kognitif
Pendidikan ini berfungsi untuk melatih anak berfikir dan menyelesaikan masalah. Juga berlatih tentang kesabaran.
6. Pendidikan Bahasa
Perkembangan bahasa pada anak perlu dilatih secara bertahap. Sehingga akhirnya anak mampu berbicara dengan jelas dan menguasai banyak kosa kata. Serta fasih dalam melafalkannya. Media belajar nya pun sambil bernyanyi, bercerita dan membacakan buku untuk mereka.
Berikut tabel untuk indikator pencapaian dalam perkembangan anak usia 3- 4 tahun yang akan saya terapkan di rumah bersama anak. Beberapa saya ambil dari literatur tumbuh kembang anak.
"METODE BELAJAR DAN BERMAIN"
Aspek Perkembangan
|
No
|
Indikator
|
Sarana
|
Ceklist
|
Pendidikan Keagamaan
|
1
|
Mengenal Allah
|
Membaca Buku dan bercerita
|
|
2
|
Mengenal Nabi dan Rasul
|
Membaca Buku dan bercerita dan diskusi
|
||
3
|
Belajar mengenal huruf Hijayah
|
Membaca Iqro dan Bermain
|
||
4
|
Mengenal wudhu sebelum sholat
|
Praktek dan pembiasaan
|
||
5
|
Rutin mengikuti sholat wajib 5 waktu
|
Praktek dan pembiasaan
|
||
6
|
Belajar Mengenal Islam, Rukun Iman dan Rukun Islam
|
Bercerita dan Bermain
|
||
7
|
Mendengarkan dan meniru surat2 pendek dalam Al-Qur'an
|
Sambil bermain
|
||
Pendidikan Intelektual
dan Seni
|
1
|
Suka membaca Buku
|
Pembiasaan
|
|
2
|
Belajar mengenal sains
|
Membaca dan diskusi
|
||
3
|
Menyanyikan lirik lagu anak2
|
Belajar dan bermain
|
||
4
|
Mengenal alat musik
|
Belajar dan bermain
|
||
5
|
Belajar menulis dan mewarnai
|
Belajar dan bermain
|
||
Pendidikan Motorik
|
Dapat Melakukan Gerak ditempat
|
|||
1
|
Meniru gerakan senam
|
Bermain
|
||
2
|
Berayun/bergelantungan dengan dua tangan
|
Bermain
|
||
Dapat melakukan gerak berpindah tempat
|
||||
3
|
Berdiri dengan mengangkat satu kaki
|
Bermain
|
||
4
|
Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik
|
Bermain
|
||
5
|
Naik turun tangga tanpa berpegangan
|
Bermain
|
||
6
|
Mendorong, menarik, dan mengendarai mainan beroda atau sepeda
|
Bermain
|
||
7
|
Melompat ke depan dengan dua kaki
|
Bermain
|
||
8
|
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
|
Bermain
|
||
9
|
Memanjat dengan berpegangan
|
Bermain
|
||
10
|
Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
|
Bermain
|
||
11
|
Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus,
zigzag,dll
|
Bermain
|
||
Dapat melakukan koordinasi mata tangan
|
||||
12
|
Mengunting sesuai pola
|
Bermain
|
||
13
|
Membuka dan menutup risleting
|
Bermain
|
||
14
|
Memasang dan membuka kancing baju sendiri
|
Pembiasaan
|
||
Dapat melakukan gerakan tangan dalam rangka kelenturan,
kelincahan, dan kekuatan
|
||||
15
|
Menangkap bola dengan dua tangan
|
Bermain
|
||
16
|
Memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak tertentu
|
Bermain
|
||
Dapat memainkan/menggunakan benda dengan koordinasi yang lebih
baik.
|
||||
17
|
Membuka/menutup botol
|
Bermain
|
||
18
|
Memegang benda dengan benar
|
Bermain
|
||
19
|
Memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari
|
Bermain
|
||
20
|
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
|
Bermain
|
||
21
|
Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
|
Bermain
|
||
22
|
Menggunakan jepitan untuk menjepit sesuatu
|
Bermain
|
||
23
|
Melukis dengan jari
|
Bermain
|
||
24
|
Menggunakan kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret
|
Bermain
|
||
25
|
Mengambil dan mengembalikan benda dengan benar
|
Bermain
|
||
26
|
Membuat berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat
|
Bermain
|
||
27
|
Meremas kertas untuk dijadikan bola
|
Bermain
|
||
28
|
Melipat kertas menjadi dua lipatan secara sederhana
|
Bermain
|
||
29
|
Menjahit pola sederhana dengan lubang yang besar
|
Bermain
|
||
30
|
Meronce dengan manik-manik yang besar
|
Bermain
|
||
31
|
Memakai pakaian dan mengancingkannya sendiri
|
Pembiasaan
|
||
32
|
Memakai sepatu
|
Pembiasaan
|
||
33
|
Menjiplak garis horizontal dan vertikal
|
Bermain
|
||
34
|
Membedakan permukaan benda melalui perabaan
|
Bermain
|
||
Melakukan rutinitas kesehatan mulut
|
||||
35
|
Melakukan langkah-langkah penyikatan gigi
|
Pembiasaan
|
||
36
|
Menutup mulut ketika batuk atau menguap
|
Pembiasaan
|
||
37
|
Menggunakan tissue atau sapu tangan untuk membersihkan hidung
|
Pembiasaan
|
||
Pendidikan Sosial,
Emosional dan Kemandirian
|
Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang
dikenal
|
|||
1
|
Senang bermain dengan teman
|
Pembiasaan
|
||
2
|
Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
|
Pembiasaan
|
||
3
|
Mau bekerja dalam kelompok
|
Pembiasaan
|
||
4
|
Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
|
Pembiasaan
|
||
5
|
Meminta perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan
verbal, atau cara lainnya
|
Pembiasaan
|
||
6
|
Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya
|
Pembiasaan
|
||
7
|
Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami
ketidaknyamanan dengan teman
|
Pembiasaan
|
||
8
|
Mau menyapa teman
|
Pembiasaan
|
||
Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling
menghormati sesama
|
||||
9
|
Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong, minta maaf secara
sederhana.
|
Pembiasaan
|
||
10
|
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
|
Pembiasaan
|
||
11
|
Tidak mengganggu teman.
|
Pembiasaan
|
||
12
|
Mau mengalah
|
Pembiasaan
|
||
Dapat menjaga keamanan diri sendiri
|
||||
13
|
Menghindari dari benda-benda yang berbahaya
|
Pembiasaan
|
||
14
|
Menolak sesuatu yang tidak nyaman bagi dirinya
|
Pembiasaan
|
||
Mulai menunjukkan rasa percaya diri
|
||||
15
|
Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja buatannya
|
Pembiasaan
|
||
16
|
Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat
|
Pembiasaan
|
||
Dapat menunjukkan kemandirian
|
||||
17
|
Menolong dirinya sendiri (makan, minum, kegiatan toilet, dll)
|
Pembiasaan
|
||
18
|
Mampu berpisah dengan orangtua tanpa menangis
|
Pembiasaan
|
||
19
|
Memilih kegiatan sendiri
|
Pembiasaan
|
||
20
|
Melakukan kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya
(gosok gigi, cuci tangan)
|
Pembiasaan
|
||
Dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar
|
||||
21
|
Dapat dibujuk jika menangis
|
Latihan
|
||
22
|
Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami ketidaknyamanan
(Misal: diganggu temannya)
|
Latihan
|
||
23
|
Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami kegembiraan (Misal:
mendapat hadiah)
|
Latihan
|
||
Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan
|
||||
24
|
Memiliki kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi, tidur)
|
Pembiasaan
|
||
25
|
Sabar menunggu giliran
|
Pembiasaan
|
||
Dapat mengenal rasa tanggungjawab
|
||||
26
|
Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
|
Pembiasaan
|
||
27
|
Meletakkan sesuatu pada tempatnya
|
Pembiasaan
|
||
28
|
Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan
|
Pembiasaan
|
||
Pendidikan Kognitif
|
Dapat mengenal klasifikasi sederhana
|
|||
1
|
Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut
bentuk, warna, ukuran, jenis dll)
|
Bermain
|
||
2
|
Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal:
kasar-halus).
|
Bermain
|
||
Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan
|
||||
3
|
Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan).
|
Bermain
|
||
4
|
Membilang dengan benda (dengan menunjukkan benda yang dibilang).
|
Bermain
|
||
5
|
Mengenal konsep 1- 3.
|
Bermain
|
||
6
|
Menyebutkan empat benda tanpa membilang.
|
Bermain
|
||
7
|
Menyebutkan banyak anggota keluarga.
|
Bermain
|
||
8
|
Membedakan banyak benda (Contoh: sedikit-banyak).
|
Bermain
|
||
9
|
Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh:
saya yang kedua
|
Bermain
|
||
Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri
|
||||
10
|
Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga).
|
Bermain
|
||
11
|
Membedakan benda berdasarkan bentuk geometri.
|
Bermain
|
||
Dapat mengenal konsep ruang dan posisi
|
||||
12
|
Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah, luar-dalam,
jauh-dekat, depanbelakang)
|
Bermain
|
||
13
|
Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: duduk di belakang- di
depan)
|
Bermain
|
||
14
|
Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari
(Contoh: menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti
yang ada dirumah)
|
Belajar dan bermain
|
||
Dapat mengenal konsep ukuran
|
||||
15
|
Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek,
tinggi-rendah).
|
Belajar dan bermain
|
||
16
|
Membedakan benda yang berat dan ringan.
|
Belajar dan bermain
|
||
17
|
Membedakan permukaan benda halus dan kasar
|
Bermain
|
||
18
|
Membedakan rasa, bau, suara
|
Belajar dan bermain
|
||
19
|
Mengenal fungsi uang (Contoh: anak meminta uang jika mau membeli
sesuatu)
|
Belajar dan bermain
|
||
Dapat mengenal konsep waktu
|
||||
20
|
Mengenal waktu pagi, siang, dan malam.
|
Latihan
|
||
21
|
Mengenal konsep sebentar-lama.
|
Latihan
|
||
Mulai dapat menggunakan strategi sederhana untuk memecahkan
masalah
|
||||
22
|
Mencoba mencari cara untuk membangun rumah dengan balok-balok
|
Bermain
|
||
23
|
Menebak banyak benda yang dibutuhkan (Contoh: Ada berapa
cangkir untuk semua orang
|
Bermain
|
||
24
|
Menyusun puzzel 5 keping
|
Bermain
|
||
Dapat mengenal pola sederhana
|
||||
25
|
Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran.
|
Bermain
|
||
26
|
Menempel bentuk-bentuk di atas kertas dengan pola sesuai warna
|
Bermain
|
||
27
|
Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan
bentuk.
|
Bermain
|
||
Pendidikan Bahasa
|
Dapat mendengarkan informasi lisan
|
|||
1
|
Mengikuti dua atau lebih petunjuk/perintah.
|
Belajar dan bermain
|
||
2
|
Bertanya dan berkomentar tentang cerita yang didengarnya.
|
Diskusi
|
||
3
|
Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa
tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali.
|
Bermain
|
||
4
|
Mengikuti petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan gerakan.
|
Bermain
|
||
Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan jelas
|
||||
5
|
Menyebutkan nama diri dan orangtua
|
Belajar dan bermain
|
||
6
|
Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas
|
Belajar dan bermain
|
||
7
|
Menyampaikan pesan dari orangtua ke guru
|
Belajar dan bermain
|
||
8
|
Mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
|
Belajar dan bermain
|
||
9
|
Mulai bertanya dengan suatu tujuan
|
Belajar dan bermain
|
||
10
|
Menyanyikan lagu sederhana
|
Belajar dan bermain
|
||
11
|
Menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"
|
Belajar dan bermain
|
||
12
|
Menggunakan kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu, dll)
|
Belajar dan bermain
|
||
13
|
Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara
sederhana
|
Belajar dan bermain
|
||
14
|
Menggunakan 3-4 kata dalam 1 kalimat
|
Belajar dan bermain
|
||
15
|
Menyebutkan benda sesuai fungsinya
|
Belajar dan bermain
|
||
16
|
Menggunakan kata kepunyaan
|
Belajar dan bermain
|
||
17
|
Meniru bunyi huruf-huruf
|
Belajar dan bermain
|
||
18
|
Menyebutkan suku kata pertama dari kata yang sudah dikenal saat
guru mengucapkan suku kata pertma
|
Belajar dan bermain
|
||
19
|
Mengenali tulisan nama diri sendiri
|
Belajar dan bermain
|
||
20
|
Menceritakan pengalaman sederhana
|
Belajar dan bermain
|
||
21
|
Menceritakan kembali cerita yang didengarnya/peristiwa yang
dialami secara sederhana
|
Belajar dan bermain
|
||
22
|
Berkomentar atas cerita yang dibacakan
|
Belajar dan bermain
|
||
23
|
Berpartisipasi dalam percakapan dengan teman
|
Belajar dan bermain
|
||
Mulai menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca)
|
||||
24
|
Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca
|
Belajar dan bermain
|
||
25
|
Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu
|
Belajar dan bermain
|
||
26
|
Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku
|
Belajar dan bermain
|
||
27
|
Meminta untuk dibacakan suatu cerita
|
Belajar dan bermain
|
||
Dapat mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis)
|
||||
28
|
Menunjuk huruf-huruf yang diucapkan
|
Belajar dan bermain
|
||
29
|
Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam namanya
sendiri
|
Belajar dan bermain
|
||
30
|
Menunjukkan benda yang diawali dengan huruf tertentu
|
Belajar dan bermain
|
||
31
|
Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar
|
Belajar dan bermain
|
||
Dapat menghasilkan coretan-coretan (pramenulis)
|
||||
32
|
Mengenali tulisan nama diri sendiri
|
Belajar dan bermain
|
||
33
|
Mencoret-coret atau menulis
|
Belajar dan bermain
|
||
34
|
Memegang alat tulis dengan benar
|
Belajar dan bermain
|
||
35
|
Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan berbagai alat
tulis
|
Belajar dan bermain
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar