Senin, 21 November 2016

Learning How to Learn

*BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR* (Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.
Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/
___________________________________________________________________



Desain pembelajaran ala saya sebenarnya cukup simple. Dari setiap desain pembelajaran akan ada elemen penting dibawah ini.
Input  berupa proses transfer ilmu menggunakan berbagai media
Output 
 berupa hasil pencapaian dari proses transfer ilmu
Target 
 setiap pembelajaran ada hasil yang ingin dicapai
Evaluasi 
 menilai sudah sejauh mana proses belajar sudah dilakukan dengan hasil yang diharapkan

Nah, kali ini saya akan mencoba membuat desain pembelajaran untuk 2 batita saya yang saat ini berumur 3 tahun. Metode yang digunakan pun masih seputaran dunia anak, dimana dunia anak sangat dekat dengan cerita, bermain dan bernyanyi. Apalagi saya punya anak kembar yang jelas proses belajar mereka akan semakin menarik karena selalu ada teman ibaratnya sebuah sekolah.

Dalam desain pembelajaran ini saya menggunakan 6 pendidikan penting bagi tumbuh kembangnya. Ke-6 pendidikan ini yang menjadi aspek perkembangannya nya nanti disertai indikator pencapaian. Indikator pencapaian beberapa diambil dari studi literatur dan web parenting.

1. Pendidikan Keagamaan
Pendidikan agama adalah pilar pertama dalam pembentukan karakter anak bagi saya. Walaupun masih berumur 3 tahun, tapi batita sangat suka mendengarkan cerita ataupun. Metode yang digunakan berupa cerita, membaca buku dan contoh langsung. Target yang dicapai adalah sebuah pembiasaan dalam harian anak dimana selalu ingat akan eksistensi sebagai manusia ciptaan Allah.

2. Pendidikan Intelektual dan Seni
Pendidikan ini lebih saya tekankan untuk bermain dan mengenal lingkungan, memegang dan mengamati dan menuangkannya dalam coretan. Intelektual diasah melalui buku2 sains anak dan membacakan berbagai buku yang mereka suka. Secara tidak langsung membuat mereka menyukai buku. Suka dengan hal2 baru dan mau mencoba dan bereksperimen.

3. Pendidikan Motorik
Pendidikan ini mencakup motorik halus dan motorik kasar anak. Dimana motorik ini melatih mereka untuk mampu memnyeimbangan keseimbangan tubuh dan gerakan2 otot dan tubuh. Sarana belajarnya pun hanya dengan bermain dan belajar. sehingga anak tidak akan mudah jenuh dengan aktifitas di ruangan saja.

4. Pendidikan sosial, emosional dan kemandirian
Pendidikan ini sangat penting untuk pengembangan anak sebagai dirinya sendiri, sebagai teman bermain dan juga belajar mengekspresikan dirinya. Sarana bermain dan belajar.

5. Pendidikan Kognitif
Pendidikan ini berfungsi untuk melatih anak berfikir dan menyelesaikan masalah. Juga berlatih tentang kesabaran. 

6. Pendidikan Bahasa
Perkembangan bahasa pada anak perlu dilatih secara bertahap. Sehingga akhirnya anak mampu berbicara dengan jelas dan menguasai banyak kosa kata. Serta fasih dalam melafalkannya. Media belajar nya pun sambil bernyanyi, bercerita dan membacakan buku untuk mereka.


Berikut tabel untuk indikator pencapaian dalam perkembangan anak usia 3- 4 tahun yang akan saya terapkan di rumah bersama anak. Beberapa saya ambil dari literatur tumbuh kembang anak.  

"METODE BELAJAR DAN BERMAIN"



Aspek Perkembangan
No
Indikator
Sarana
Ceklist
Pendidikan Keagamaan
1
Mengenal Allah
Membaca Buku dan bercerita

2
Mengenal Nabi dan Rasul
Membaca Buku dan bercerita dan diskusi

3
Belajar mengenal huruf Hijayah
Membaca Iqro dan Bermain

4
Mengenal wudhu sebelum sholat
Praktek dan pembiasaan

5
Rutin mengikuti sholat wajib 5 waktu
Praktek dan pembiasaan

6
Belajar Mengenal Islam, Rukun Iman dan Rukun Islam
Bercerita dan Bermain

7
Mendengarkan dan meniru surat2 pendek dalam Al-Qur'an
Sambil bermain

Pendidikan Intelektual dan Seni
1
Suka membaca Buku
Pembiasaan

2
Belajar mengenal sains
Membaca dan diskusi

3
Menyanyikan lirik lagu anak2
Belajar dan bermain

4
Mengenal alat musik
Belajar dan bermain

5
Belajar menulis dan mewarnai
Belajar dan bermain

Pendidikan Motorik
Dapat Melakukan Gerak ditempat

1
Meniru gerakan senam
Bermain

2
Berayun/bergelantungan dengan dua tangan
Bermain

Dapat melakukan gerak berpindah tempat

3
Berdiri dengan mengangkat satu kaki
Bermain

4
Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik
Bermain

5
Naik turun tangga tanpa berpegangan
Bermain

6
Mendorong, menarik, dan mengendarai mainan beroda atau sepeda
Bermain

7
Melompat ke depan dengan dua kaki
Bermain

8
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
Bermain

9
Memanjat dengan berpegangan
Bermain

10
Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
Bermain

11
Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag,dll
Bermain

Dapat melakukan koordinasi mata tangan

12
Mengunting sesuai pola
Bermain

13
Membuka dan menutup risleting
Bermain

14
Memasang dan membuka kancing baju sendiri
Pembiasaan

Dapat melakukan gerakan tangan dalam rangka kelenturan, kelincahan, dan kekuatan

15
Menangkap bola dengan dua tangan
Bermain

16
Memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak tertentu
Bermain

Dapat memainkan/menggunakan benda dengan koordinasi yang lebih baik.

17
Membuka/menutup botol
Bermain

18
Memegang benda dengan benar
Bermain

19
Memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari
Bermain

20
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
Bermain

21
Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
Bermain

22
Menggunakan jepitan untuk menjepit sesuatu
Bermain

23
Melukis dengan jari
Bermain

24
Menggunakan kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret
Bermain

25
Mengambil dan mengembalikan benda dengan benar
Bermain

26
Membuat berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat
Bermain

27
Meremas kertas untuk dijadikan bola
Bermain

28
Melipat kertas menjadi dua lipatan secara sederhana
Bermain

29
Menjahit pola sederhana dengan lubang yang besar
Bermain

30
Meronce dengan manik-manik yang besar
Bermain

31
Memakai pakaian dan mengancingkannya sendiri
Pembiasaan

32
Memakai sepatu
Pembiasaan

33
Menjiplak garis horizontal dan vertikal
Bermain

34
Membedakan permukaan benda melalui perabaan
Bermain

Melakukan rutinitas kesehatan mulut

35
Melakukan langkah-langkah penyikatan gigi
Pembiasaan

36
Menutup mulut ketika batuk atau menguap
Pembiasaan

37
Menggunakan tissue atau sapu tangan untuk membersihkan hidung
Pembiasaan

Pendidikan Sosial, Emosional dan Kemandirian
Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang dikenal

1
Senang bermain dengan teman
Pembiasaan

2
Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
Pembiasaan

3
Mau bekerja dalam kelompok
Pembiasaan

4
Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
Pembiasaan

5
Meminta perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara lainnya
Pembiasaan

6
Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya
Pembiasaan

7
Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
Pembiasaan

8
Mau menyapa teman
Pembiasaan

Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati sesama

9
Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong, minta maaf secara sederhana.
Pembiasaan

10
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Pembiasaan

11
Tidak mengganggu teman.
Pembiasaan

12
Mau mengalah
Pembiasaan

Dapat menjaga keamanan diri sendiri

13
Menghindari dari benda-benda yang berbahaya
Pembiasaan

14
Menolak sesuatu yang tidak nyaman bagi dirinya
Pembiasaan

Mulai menunjukkan rasa percaya diri

15
Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja buatannya
Pembiasaan

16
Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat
Pembiasaan

Dapat menunjukkan kemandirian

17
Menolong dirinya sendiri (makan, minum, kegiatan toilet, dll)
Pembiasaan

18
Mampu berpisah dengan orangtua tanpa menangis
Pembiasaan

19
Memilih kegiatan sendiri
Pembiasaan

20
Melakukan kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)
Pembiasaan

Dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar

21
Dapat dibujuk jika menangis
Latihan

22
Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: diganggu temannya)
Latihan

23
Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami kegembiraan (Misal: mendapat hadiah)
Latihan

Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan

24
Memiliki kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi, tidur)
Pembiasaan

25
Sabar menunggu giliran
Pembiasaan

Dapat mengenal rasa tanggungjawab

26
Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
Pembiasaan

27
Meletakkan sesuatu pada tempatnya
Pembiasaan

28
Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan
Pembiasaan

Pendidikan Kognitif
Dapat mengenal klasifikasi sederhana

1
Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut bentuk, warna, ukuran, jenis dll)
Bermain

2
Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal: kasar-halus).
Bermain

Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan

3
Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan).
Bermain

4
Membilang dengan benda (dengan menunjukkan benda yang dibilang).
Bermain

5
Mengenal konsep 1- 3.
Bermain

6
Menyebutkan empat benda tanpa membilang.
Bermain

7
Menyebutkan banyak anggota keluarga.
Bermain

8
Membedakan banyak benda (Contoh: sedikit-banyak).
Bermain

9
Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh: saya yang kedua
Bermain

Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri

10
Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga).
Bermain

11
Membedakan benda berdasarkan bentuk geometri.
Bermain

Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

12
Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah, luar-dalam, jauh-dekat, depanbelakang)
Bermain

13
Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: duduk di belakang- di depan)
Bermain

14
Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari (Contoh: menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti yang ada dirumah)
Belajar dan bermain

Dapat mengenal konsep ukuran

15
Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah).
Belajar dan bermain

16
Membedakan benda yang berat dan ringan.
Belajar dan bermain

17
Membedakan permukaan benda halus dan kasar
Bermain

18
Membedakan rasa, bau, suara
Belajar dan bermain

19
Mengenal fungsi uang (Contoh: anak meminta uang jika mau membeli sesuatu)
Belajar dan bermain

Dapat mengenal konsep waktu

20
Mengenal waktu pagi, siang, dan malam.
Latihan

21
Mengenal konsep sebentar-lama.
Latihan

Mulai dapat menggunakan strategi sederhana untuk memecahkan masalah

22
Mencoba mencari cara untuk membangun rumah dengan balok-balok
Bermain

23
Menebak banyak benda yang dibutuhkan (Contoh: Ada berapa cangkir untuk semua orang
Bermain

24
Menyusun puzzel 5 keping
Bermain

Dapat mengenal pola sederhana

25
Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran.
Bermain

26
Menempel bentuk-bentuk di atas kertas dengan pola sesuai warna
Bermain

27
Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk.
Bermain

Pendidikan Bahasa
Dapat mendengarkan informasi lisan

1
Mengikuti dua atau lebih petunjuk/perintah.
Belajar dan bermain

2
Bertanya dan berkomentar tentang cerita yang didengarnya.
Diskusi

3
Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali.
Bermain

4
Mengikuti petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan gerakan.
Bermain

Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan jelas

5
Menyebutkan nama diri dan orangtua
Belajar dan bermain

6
Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas
Belajar dan bermain

7
Menyampaikan pesan dari orangtua ke guru
Belajar dan bermain

8
Mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
Belajar dan bermain

9
Mulai bertanya dengan suatu tujuan
Belajar dan bermain

10
Menyanyikan lagu sederhana
Belajar dan bermain

11
Menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"
Belajar dan bermain

12
Menggunakan kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu, dll)
Belajar dan bermain

13
Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara sederhana
Belajar dan bermain

14
Menggunakan 3-4 kata dalam 1 kalimat
Belajar dan bermain

15
Menyebutkan benda sesuai fungsinya
Belajar dan bermain

16
Menggunakan kata kepunyaan
Belajar dan bermain

17
Meniru bunyi huruf-huruf
Belajar dan bermain

18
Menyebutkan suku kata pertama dari kata yang sudah dikenal saat guru mengucapkan suku kata pertma
Belajar dan bermain

19
Mengenali tulisan nama diri sendiri
Belajar dan bermain

20
Menceritakan pengalaman sederhana
Belajar dan bermain

21
Menceritakan kembali cerita yang didengarnya/peristiwa yang dialami secara sederhana
Belajar dan bermain

22
Berkomentar atas cerita yang dibacakan
Belajar dan bermain

23
Berpartisipasi dalam percakapan dengan teman
Belajar dan bermain

Mulai menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca)

24
Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca
Belajar dan bermain

25
Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu
Belajar dan bermain

26
Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku
Belajar dan bermain

27
Meminta untuk dibacakan suatu cerita
Belajar dan bermain

Dapat mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis)

28
Menunjuk huruf-huruf yang diucapkan
Belajar dan bermain

29
Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri
Belajar dan bermain

30
Menunjukkan benda yang diawali dengan huruf tertentu
Belajar dan bermain

31
Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar
Belajar dan bermain

Dapat menghasilkan coretan-coretan (pramenulis)

32
Mengenali tulisan nama diri sendiri
Belajar dan bermain

33
Mencoret-coret atau menulis
Belajar dan bermain

34
Memegang alat tulis dengan benar
Belajar dan bermain

35
Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan berbagai alat tulis
Belajar dan bermain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar